Sosialisasi Program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia dari BP3TKI, Di Dampingi Dinas Imigrasi Kota Mataram & Dinas Tenaga Kerja LOBAR.

0
1129

Pada tanggal 10 Desember 2018 kami kedatangan tamu dari BP3TKI dalam rangka Sosialisasi Program penempatan dan perlindungan pekerja migran indonesia yang di sampaikan oleh selaku ketua dari BP3TKI, Kepala Dinas Tenaga Kerja Lobar dan Kepala Dinas Imigrasi Kota Mataram.

Bapak Joned Brahmanto Narasumber BP3TKI

Bapak Joned Brahmanto selaku Narasumber mewakili BP3TKI, menyampaikan kepada mahasiswa LP3BL tentang berbagai macam resiko dan keamanan serta ketentuan dalam pendaftaran dan persyaratan yang harus di siapkan untuk program Pekerja Migran Indonesia (PMI). Demi terhindarnya dari resiko korban penipuan yang banyaknya terjadi di negara kita ini. BP3TKI adalah Balai perlindungan tenaga kerja indonesia yang mendapatkan perlindungan secara maksimal dari pemerintah dan mendapatkan perhatian yang berlapis untuk para tenaga kerja indonesia dan bagi yang ingin bekerja di luar negri akan mendapatkan jaminan asuransi untuk para TKI Prosedural yang memenuhi persyaratan administratif sesuai ketentuan dari BP3TKI.

Bapak Deny K dari Dinas Imigrasi Kota Mataram

Dalam kesempatan ini Bapak Deny juga mewakili Dinas Imigrasi Kota Mataram memaparkan tentang peranan Kantor Imigrasi dalam penempatan dan perlindungan pekerja migran indonesia. Beliau menjelaskan penempatan pekerja migran indonesia merupakan suatu upata untuk mewujudkan hak dan kesempatan yang sama bagi tenaga kerja untuk memperoleh pekerjaan dan penghasilan yang layakyang pelaksanaanya dilakukan tetap memperhatikan harkat, martabat, hak asasi manusia, dan pelindungan hukum, serta pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja yang sesuai dengan kepentingan nasional. Untuk menjadi pekerja migran setiap warga negara indonesia harus memenuhi persyaratan sesuai pasal 5 Undang-undang No.18 Tahun 2017 tentang perlindungan pekerja Migran Indonesia yaitu; Berusia minimal 18(delapan belas)tahun, memiliki kompetensi, sehat jasmani dan rohani,terdaftar dan memiliki nomer kepesertaan jaminan sosial dan memiliki dokumen lengkap yang di persyaratkan.

Bapak Murditah dari Dinas Tenagakerja Lombok Barat

Begitu juga kepala Dinas Tenaga kerja Lombok Barat ini Bapak Murditah memberikan pejelasan tentang awal mulanya sejarah Lombok Barat serta perkembangan kabupaten Lombok Barat setiap tahunnya. Dari sisi sektor Pariwisatanya yang memiliki peranan penting dalam mendukung keberhasilan pembangunan di kabupaten Lombok Barat. Beliau memaparkan potensi pariwisata yang ada di Lombok Barat sangat mendukung dalam memberikan kesempatan untuk anak didik LP3BL agar tekun semangat dalam belajar serta menjadi Putra-Putri daerah yang dapat membantu meningkatkan pengembangan pariwisata khususnya di Pulau Lombok sehingga mampu memberikan daya tarik wisata sehingga peluang untuk berkerja di industri perhotelan terbuka luas bagi seluruh lapisan masyarakat.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.